Jumat, 29 April 2016

Proses Pembuatan Alur

Proses Membubut Alur

Alur  (grooving)  pada  benda  kerja  dibuat  dengan  tujuan  untuk   member kelonggaran  ketika  memasangkan  dua  buah  elemen  mesin,   membuat  baut  dapat bergerak penuh, dan memberi jarak bebas pada proses gerinda terhadap suatu poros ( Gambar  1). Dimensi alur ditentukan berdasarkan dimensi benda kerja dan fungsi dari alur tersebut.  Bentuk alur ada tiga macam yaitu:   kotak, melingkar, dan V (Gambar  14). Untuk bentuk-bentuk alur tersebut pahat yang digunakan diasah dengan mesin gerinda disesuaikan dengan bentuk alur yang akan dibuat. Kecepatan potong yang digunakan

Gambar 1. beberapa jenis bentuk profil ulir
Gambar 14.  Alur untuk : (a) pasangan poros dan lubang, (b) pergerakan baut agar penuh, (c) jarak bebas proses penggerindaan poros
ketika  membuat alur sebaiknya setengah dari kecepatan potong bubut rata. Hal tersebut dilakukan karena bidang potong proses pengaluran relatif lebar.
Gambar 15. Bentuk alur kotak, melingkar, dan V
Proses  yang  identik  dengan  pembuatan  alur  adalah  proses  pemotongan  benda  kerja (parting).  Proses  pemotongan  ini  dilakukan  ketika  benda  kerja  selesai  dikerjakan dengan bahan benda kerja yang relatif panjang (Gambar 15).
Gambar 16. Proses pemotongan benda kerja
Beberapa petunjuk penting  yang harus diperhatikan ketika melakukan pembuatan alur atau proses pemotongan benda kerja adalah : 
  1. Cairan pendingin diberikan sebanyak mungkin.
  2. Ujung pahat diatur pada sumbu benda kerja.
  3. Posisi pahat atau pemegang pahat tepat 90o terhadap sumbu benda kerja.
  4. Panjang pemegang  pahat atau pahat  yang menonjol ke arah benda kerja sependek mungkin agar pahat atau benda kerja tidak bergetar.
  5. Dipilih batang pahat yang terbesar.
  6. Kecepatan potong dikurangi (50% dari kecepatan potong bubut rata).
  7. Gerak makan dikurangi (20% dari gerak makan bubut rata).
  8. Untuk  alur  aksial,  penyayatan  pertama  dimulai  dari  diameter  terbesar  untuk mencegah berhentinya pembuangan beram.


 Sebelum


Sesudah



 


2 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus